Selasa, 02 Oktober 2012

UNTUKMU TIMNASKU


SEA Games XXVI 2011, Jakarta-Palembang, Indonesia.Tanggal 11 November-22 November 2011.



Waktu ada acara yang terbesar di Asia Tenggara itu gua masih lagi SMA kelas 3. Cuma ada dua yang niat gua tonton yaitu sepakbola dan bulutangkisnya. Kenapa Cuma dua ? karena menurut gua Indonesia handal di dua itu. Sepak bola yang paling bikin gua getol dari penyisihan sampe final nonton semua kecuali semi final. Di penyisihan grup pas lawan Kamboja gua nonton berempat berkat ngomporin susah payah. Pulang sekolah langsung beli tiket ke GBK yang kelas kambing alias tribun atas karena bajet pelajar 25 ribu.

Sorenya jalan pake atribut lengkap kaos merah, syal dan terompet. GBK masih sepi paling cuma 6 ribu penoton dari kapasitasnya 88 ribu. Nyanyiin Indonesia Raya juga gak bikin merinding. Indonesia menang dari Kamboja bikin gua ketagihan. Lusa, Jumat ada Indonesia VS Singapura, di berita Singapura termasuk kuat di ASEAN. Jumat pulang sekolah lansung ke GBK gak ganti pakean karena mainnya siang jam 2. Ketinggalan 15 menit dan Indonesia udah unggul 1 angka dari Singapura, faktor nungguin temen lama jadi gak liat golnya. Masuk stadion udah agak rame dari 2 hari lalu. Nyanyi garuda di dadaku dan teriakan “INDONESIA! INDONESIA!” bikin merinding hahaha babak pertama selesai. Lanjut babak kedua,Indonesia nambahhin gol jadi 2-0. Dan Indonesia menang lagiiiii.



Kemenangan 2 kali berturut-turut bikin penonton membludak, 2 hari kemudian gua nonton Indonesia lagi tapi Cuma berdua sama Andi Yusuf. Jalannya sore karena mikirnya yang nonton dikit ternyata satu stadion penuh sampe berdiri-berdiri. Gak dapet tiket dan calo mulai berkeliaran jual mahal. Beruntung temen gua masih kebagian tiket tribun atas di loket. Gua akhirnya beli di calo nyari susah payah penuh manusia merah di senayan. Dapet tiket harganya 40 ribu ambil aja dah dari pada enggak sama-sekali. Masuk pintu tribun dempet-dempetan kaya antri sembako. Kirain di dalem masih ada tempat duduk ternyata penuh orang. Aduh perjuangan demi timnas dan gya duduk di tangga akhirnya. Indonesia menang lawan Thailand 3-1, padahal dulu Indonesia kalah mulu lawan Thailand dan ini kemenangan kedua setelah di AFF 2010 Indonesia juga menang 2-0.

Kemenangan 3X berturut-turut bikin Indonesia unggul di klasemen grup. Penyisihan terakhir lawan Malaysia si tetangga sebelah yang rusuh dan juara AFF 2010 setelah ngalahin Indonesia di final agregat 4-2. Lawan Malaysia gua udah tau kalo bakalan banyak dan berebut tiket. Gua niatin dari malem sebelumnya ama temen gua Raka ke GBK cari info tiket. Ternyata nihil. Besokan pagi pas banget ada try out buat UAN gua cabut ke sendirian antri tiket. Bener, jam 7 pagi antrian udah sekitar 10 meter dan itu jadi 7 baris ckck gua gak putus semangat, demi Indonesia ! Gua antri gencet-gencetan panas-panasan dibawah matahari yang panas . Loket katanya dibuka jam 9 ternyata ngaret 1 jam. Awalnya antrian tertib tapi lama-kelamaan rusuh, paksain sampe akhirnya nyerah keluar antrian. Gua ngeliatin dari luar antrian pada dorong-dorongan lempar-lemparan botol dsb.





Gak dapet tiket gua langsung ke sekolah laporan ama temen gua. Dan ada temen gua ngusahain tiket buat 20an orang dan akhirnya bisa. Kita nonton dah rame-rame tuh dari sekolah konvoi. GBK lebih parah dari lawan Thailand, padet sepadet-padetnya ada ratusan ribu orang pada mau nonton.  Sekitar jam 6 masuk ke dalem.  Suara sekeras-kerasnya dikeluarin untuk Indonesia Raya yang bikin merinding dan yel-yel. Tapi Malaysia lebih unggul, Indonesia kalah 1-0. Dan jadi runner-up grup ketemu Myanmar di semi final. Semi final gua gak nonton karena masih trauma kalah dari Malaysia kemaren. 
Nyesel sebenernya gak nonton semi final karena seru banget pas liat di tv, sama-sama ngotot mau masuk final. Indonesia menang lawan Myanmar. Ketemu sama Malaysia lagi yang udah ngalahin Vietnam di semi final. Di final gua nonton tapi gak beli tiket karena dibawa sama kakak gua dia polisi barengan pacarnya.

Kaya AFF 2010 Indonesia-Malaysia, waktunya Garuda Muda bales dendam kakalahan kakaknya. Nonton di kelas 2 belakan gawang enjoy aja karena ada leader supporter yang bikin supporter beraksi. Indonesia unggul di menit awal 1-0 lewat sundulan tapi langsung dibales Malaysia 1-1. Beberapa kali gol diciptain Indonesia  tapi semua dianggap offside sama wasitya dan begitu pula sama Malaysia. Imbang sampe bakak tambahan akhirnya pinalti.



Sisa tenaga buat teriak gua keluarin sampe serek. Namanya juga pinalti ya untung-untungan dan dibawah tekanan. 2 kali Indonesia gagal eksekusi dan Malaysia sekali bikin Indonesi gagal jadi juara dan harus ngakuin tangguhnya Harimau Malaya. Kenapa harus kalah dari Malaysia ?. Semua perjuangan dari nonton penyisihan sampe final berakhir jelek sama kaya AFF 2010. Pas semua orang keluar stadion dan stadion berangsur sepi bisa diitung jari gua masih tetep di dalem buat ngeliat Malaysia dapet emas dari sepak bola.


Gak gua doang yang sedih, semua yang bertahan buat liat Malaysia pasti sedih. Raut muka sedih, kecewa, kesel dan marah karena kalah dari tetengga sebelah. Liat bendera Malaysia dikibarin bikin lemes padahal “INI KANDANG KITA”

Walaupun kalah tetep bangga punya timnas model begitu, salut sama mereka. Semoga ke depannya Indonesia bisa jadi juara di ASEAN, ASIA dan DUNIA ! Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar